RSS
Wecome to my Blog, enjoy reading :)

Thursday, March 15, 2012

Dampak-Dampak dari Games



Dalam diri seorang manusia pastilah ada sebuah keinginan untuk dapat menghibur diri atau bersantai dari pekerjaan yang sangat melelahkan. Contohnya saja bermain, berpiknik atau bahkan yang sering dilakukan oleh orang jaman sekarang adalah bermain.
Permainan yang digunakan dalam bermain bermacam-macam, misalkan saja permainan Solitaire (kartu) di dalam sebuah komputer atau laptop atau permainan-permainan tradisional seperti petak-umpet, congklak, dan lain sebagainya.
Tetapi apa saja dampak yang ditimbulkan daripermainan-permainan yang kita lakukan tersebut. Berikut adalah beberapa dampak positif dan negatif dari sebuah permainan.
A.      Dampak positif
Dampak positif di sini kita bagi menjadi dua, dikarenakan permainan yang dimaksud adalah permainan modern (menggunakan alat elektronik) dan permainan tradisional. Maka dampak positif dari permainan modern:
1.       Dapat berlatih kemampuan bahasa
Ini bisa menjadi salah satu dampak positifnya karena rata-rata sebuah permainan menggunakan bahsa Inggris. Kata-kata yang ada di sana sedikit banyak walau tidak tahu sepenuhnya, kita dapat mengira-ngira apa maksudnya. Dalam hal ini si pemain akhirnya mengerti bahwa kalau kalimatnya seperti ini berarti artinya seperti ini.
2.       Daya imajinasi bertambah
Yang dimaksud adalah permainannya menggunakan banyak warna pasti imajinasinya bertambah (kalau melihat misalnya api di The Sims, otaknya pastil langsung berpikir nanti pasti ada orang yang datang berbaju misalnya orange putih)
Sedangkan dalam permainan tradisional adalah sebagai berikut.
congklak
1)      Bisa lebih akrab dengan orang lain
Ini dikarenakan dalam suatu permainan tradisional tidak akan menjadi seru jika peminannya hanya seorang diri. Lagipula dalam bermain dengan orang banyak kita dapat bersosialisasi dan pada akhirnya dapat menamb ah teman.
2)      Dapat melestarikan permainan bangsa yang hampir pudar
Ini sangat betul, karena jaman sekarang ini permainan-permainan tradisional selalu dianggap rendah karena hanya begitu-begitu saja, padahal dalam permainan tersebut banyak karya seni yang ada di dalamnya.
B.      Dampak Negatif
Memang banyak dampak positif dari permainan-permainan yang ada, tetapi jika ada dampak positif pasti ada dampak negatifnya. Dan dampak negatif itu adalah sebagai berikut.
a.       Bisa lupa waktu
Ini dikarenakan si pemain terlalu larut dalam sebuah permainan, akhirnya saking keasikannya si pemain bisa lupa mengerjakan tugasnya yang lain.
b.      Mudah kecapaian
Karena pemain terlalu lama bermain sampai-sampai menguras energinya.
Dan inilah dampak-dampak yang bisa terjadi dalam permainan entah yang modern atau yang tradisional. Maka dari itu bermainlah secukupnya dan jangan lupa akan tugas-tugas yang lain.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2009 Carol's World Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Ezwpthemes